Profil BPI

Prodi BPI merupakan salah satu program studi pada Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Antasari Banjarmasin. Kelebihan BPI mengandung Makna Bimbingan (Konseling) dan penyuluhan Islam, sehingga kurikulumnya dibuat untuk menghasilkan Konselor dan juga penyuluh.

Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam diselenggarakan berdasarkkan surat keputusan rektor IAIN Antasari nomor 48 tahun 1999 tanggal 24 Maret 1999, dan terus melakukan perpanjangan ijin hingga mendapatkan surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor: Dj.I/197/2009 tanggal 14 April 2009.

Saat ini Prodi BPI telah memantapkan dirinya, sekaligus siap merespon berbagai tantangan global yang berkembang dewasa ini melalui bimbingan, konseling dan penyuluhan islam yang memadukan pendekatan psikologis kontemporer dengan agama islam (integrasi-interkoneksi), sehingga dapat menjadi ProdiĀ  yang mampu memberikan solusi bagi permasalahan-permasalahan psikologis baik individu maupun masyarakat.

prodi BPI terbagi menjadi tiga peminatan:

  1. Penyuluh Agama Islam
  2. Perawat Rohani Islam (Warois)
  3. Penyuluh Sosial

Kompetensi Lulusan

  1. Pembimbing/Konselor: Agama, Bimbingan Haji dan Umroh, Bintal (Bimbingan Mental) Polri & Instansi, Keluarga Sakinah, Kerja/Karir, Sosial Keagamaan
  2. Trapis Islam, Perawat Rohani Islam (Warois) di Rumah Sakit, Lapas (Anak dan Umum)
  3. Penyuluh: Agama Keluarga Berencana, Penanggulangan narkoba, Sosial Kemasyarakatan dan Keagamaan