Latar Belakang

Sejarah Singkat

Institut Agama Islam didirikan secara resmi pada tahun 1960 berdasarkan peraturan presiden Nomor 11 tahun 1960. Dalam peraturan itu dinyatakan bahwa : “IAIN memberikan pengajaran tinggi dan menjadi pusat untuk memperkembangkan dan memperdalam pengetahuan tentang agama Islam. Pada dasarnya IAIN dibangun atas dasar penggabungan antara perguruan tinggi (PTAIN) dan Akademi Dinas Ilmu Agama (ADIA) yang telah berdiri selama 10 tahun.

Namun dengan adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan dan teknologi yang semakin pesat serta adanya hajat masyarakat dewasa ini akan ilmu agama Islam, maka kurikulum IAIN telah berubah beberapa kali untuk mencapai kesempurnaan. Karena itu berdasarkan SK Menteri Agama No 5 Tahun 1963 tanggal 19 Desember 1963 fakultas di IAIN dibatasi empat saja dengan jurusannya masing-masing yaitu : Fakultas Syariah, Fakultas Ushuluddin, Fakultas Tarbiyah dan Fakultas Adab.

Berkaitan dengan perkembangan ilmu pengetahuan agama Islam dan makin meningkatnya hajat masyarakat pada IAIN maka berdasarkan peraturan Menteri Agama no 1 tahun 1972 tentang Institut Agama diNegeri Al-Jamiah Islamiyah Al-Hukumiyah tertanggal 24 Maret 1972 menyebutkan bahwa pada Bab III Pasal 8 bahwa fakultas-fakultas pada IAIN Al-Jamiah adalah sebagai berikut : Fakultas Adab, Fakultas Dakwah, Fakultas Syariah, Fakultas Tarbiyah dan Fakultas Ushuluddin.

Munculnya fakultas dakwah pada IAIN tersebut disamping dalam rangka memenuhi tuntunan masyarakat akan betapa pentingnya eksistensi dakwah Islamiyah itu sendiri ditengah-tengah mereka. Juga merupakan pengembangan dari Jurusan Dakwan di Fakultas Ushuluddin yang dulunya mempunyai empat jurusan (Dakwah, Tasawuf, Filsafat dan Perbandingan Agama).

Dengan demikian fakultas dakwah yang lahir dari fakultas Ushuluddin ini merupakan fakultas termuda di IAIN. Karenanya tidaklah mengherankan kalau pada tahun 1980 dari seluruh IAIN di Indonesia yang berjumlah 14 buah itu hanya terdapat 7 fakultas dakwah saja. Sedangkan selebihnya lagi kedudukannya masih merupakan jurusan dari fakultas Ushuluddin.